Wajib Tahu…!!! Ini Daftar Makanan dan Minuman yang Bisa Bikin Cepat Tua

Ilustrasi
Memiliki kulit mulus, kencang, dan terlihat muda adalah idaman semua orang. Tidak sedikit yang melakukan perawatan dengan biaya yang mahal untuk mendapatkannya.

Padahal, dengan membatasi konsumsi makanan dan minuman yang bisa membuat cepat tua dapat dijadikan salah satu caranya. Apa saja makanan dan minuman itu?

1. Karbohidrat dengan indeks glikemik tinggi

Makanan dengan indeks glikemik tinggi seperti nasi putih, roti, kue manis, atau kentang dapat mempercepat kenaikan kadar gula darah. Juga memberi kontribusi besar pada proses penuaan lebih cepat. Ini karena karbohidrat dengan tingkat glikemik tinggi membuat tubuh bekerja lebih ekstra untuk menghancurkan gula, dan itu lah yang membuat kolagen (protein yang membuat kulit halus) menjadi rusak.

2. Alkohol
Mengonsumsi alkohol secara berlebihan jelas dapat merusak kesehatan tubuh. Dikutip dari Dr Oz, terlalu banyak mengonsumsi alkohol bisa menyebabkan keriput dini, kehilangan kolagen, kehilangan elastisitas kulit, kulit memerah, dehidrasi, bahkan bengkak. Alkohol juga bisa menurunkan kadar vitamin A dalam tubuh yang merupakan antioksidan yang sangat penting.

3. Fast food
Makanan cepat saji atau fast food juga buruk bagi kesehatan. Hampir semua mengandung lemak trans yang dapat menyumbat pembuluh darah dan arteri. Lemak trans juga dapat membuat kulit terlihat lebih tua.

4. Daging olahan
Sosis, ham, nugget, dan daging olahan lain bisa menimbulkan dua masalah. Pertama, daging olahan mengandung sulfit dan bahan pengawet yang menyebabkan peradangan pada kulit. Kedua, mengandung sejumlah besar garam yang berkontribusi pada kulit yang tidak sehat, kemerahan, dan bengkak.

5. Soda
Siapa yang suka minum soda? Dilansir dari Time, soda sama buruknya menyebabkan penuaan seperti rokok. Menurut suatu penelitian, orang yang mengonsumsi soda 20 ons setara dengan 4,6 tahun penuaan. Artinya, satu botol soda per hari bisa membuat seseorang terlihat lebih tua lima tahun.

6. Makanan gurih
Makanan gurih atau zaman sekarang yang disebut 'micin' ternyata bisa menyebabkan penuaan dini. Sebuah penelitian menyebutkan selain menyebabkan hipertensi, makanan yang tinggi natrium seperti garam jika dikonsumsi berlebihan dalam jangka panjang bisa mempercepat penuaan sel.

Sumber : detik.com

Catatan : Tidak cuma faktor makanan dan minuman saja yang membuat kita cepat tua, tapi dari pola hidup sehari-hari, lingkungan kerja, keadaan keluarga, fikiran stress dll.
loading...

Post a Comment

Jangan lupa komentarnya dan juga kritik dan sarannya....!!

Followers

Find Us On Facebook

Total Pageviews