Kandungan Gizi dan Manfaat Labu Siam

Kandungan Gizi dan Manfaat Labu Siam. Labu siam atau juga populer disebut dengan nama manisa adalah buah dari tanaman yang merambat dengan cara berpegangan pada media dengan sulur-sulurnya yang ulet. Tanaman ini membutuhkan media tumbuh berupa tanah yang lembab dan basah, dan bisa tumbuh dengan sangat cepat. Buah ini memiliki kulit yang tipis, berwarna hijau pucat dan memiliki beberapa alur vertikal di permukaan kulitnya.
Selain di Indonesia labu siam tumbuh hampir di seluruh wilayah Afrika dan Asia, berwarna hijau cerah, dagingnya empuk berwarna putih, buahnya berbentuk lonjong memanjang, sedikit bergetah. Tumbuh menjulur di permukaan tanah dan bisa merambat.

Ada petani yang menanam labu siam dengan hanya diletakkan begitu saja pada permukaan tanah. Tetapi untuk mendapatkan labu berkualitas sebaiknya labu siam tumbuh menggantung dengan bebas. Ukuran buah labu siam bermacam-macam, ada yang sangat besar, sedang seukuran genggaman tangan hingga kecil.

Kandungan labu siam
Labu siam harganya cukup murah jika harus dibandingkan dengan manfaatnya. Mungkin karena proses penanamannya yang cukup mudah sehingga hasilnya melimpah.
Buah atau sayur labu siam mengandung banyak air sehingga memiliki kandungan mineral yang baik. Belum lagi vitamin C, niasin atau B3 dan fosfor yang sangat baik bagi daya tahan tubuh dan tulang.
Tak hanya itu, dari zat besi hingga tembaga juga terdapat dengan lengkap di dalam daging buah labu siam. Karena teksturnya yang lembut, labu siam banyak disukai masyarakat sebagai isi sayuran lodeh atau tumis.

Manfaat labu siam
Seperti yang saya sebutkan diatas, labu siam banyak dimanfaatkan sebagai bahan masakan yang sudah tidak asing dimana-mana. Penggunaannya yang lumrah ini tak beriringan dengan pengetahuan masyarakat terhadap manfaatnya bagi tubuh.
Bagi penderita kolesterol berlebih tak perlu ragu-ragu untuk mengkonsumsi labu siam. Labu siam memiliki kandungan kalori yang minimal, ditambah dengan kandungan serat dan vitamin C sebagai antioksidan dapat menjaga jumlah kolesterol seseorang tetap dalam kadar yang normal.

Labu siam dapat menjadi diuretik alami yang dapat mengontrol keseimbangan cairan dalam tubuh serta menjaga tekanan darah tetap dalam batas normal. Cocok sebagai diet orang yang mempunyai permasalahan pada ginjal.

Untuk ibu hamil, sangat disarankan mengkonsumsi kukusan labu siam secara teratur karena kandungan asam folat yang sangat tinggi. Asam folat adalah zat gizi yang dapat mencegah risiko terjadinya kecacatan pada janin serta baik untuk perkembangan fungsi otak janin. Selain mendapatkan asam folat dari susu hamil, ada baiknya juga bila ditambah dengan asam folat nabati yang didapat dari labu siam.

Yang lebih mencengangkan, labu siam juga mengandung flavonoid sebagai antioksidan. Bayangkan, disamping kadar vitamin C yang tinggi ditambah juga dengan flavonoid, tentunya akan menjadi gabungan antioksidan yang sangat baik. Banyak peneliti mempelajari dan menemukan bahwa labu siam merupakan salah satu anti kanker yang wajib dikonsumsi.

Sumber : alamtani.com


Salam.
Semoga bermanfaat.
loading...

Post a Comment

Jangan lupa komentarnya dan juga kritik dan sarannya....!!

Followers

Find Us On Facebook

Total Pageviews