Tips Alami Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Tips Alami Menurunkan Resiko Penyakit Jantung. Penyakit jantung  merupakan penyebab utama kematian di era modern sekarang ini. Tak hanya di negara maju, di negara berkembang seperti Indonesia juga demikian. Perubahan lingkungan, pola makan, gaya hidup, merupakan sebagian penyebab meningkatnya kasus penyakit jantung ini.
Ciri-ciri sakit jantung sering diabaikan karena banyak penderita merasa tidak mungkin terkena sakit jantung, baik karena merasa mereka masih muda, atau karena mereka merasa badannya cukup kuat dan terlatih. Padahal penyakit jantung tidak mengenal hal-hal tersebut.
Nah mari membiasakan gaya hidup sehat agar penyakit berbahaya ini tidak hinggap di tubuh anda dan berikut tips-tips sederhana cara menurunkan resiko dan mengobati sakit jantung secara alami yang bisa anda praktekkan.

Rajin Berolahraga
Anda tidak perlu olahraga yang berat, cukup melakukan olahraga ringan, karena bisa membantu untuk menurunkan resiko serangan jantung. Lakukanlah olahraga seperti jalan pagi, bersepeda, atau berenang yang dapat melatih kardio anda. Jika anda belum berolahraga secara rutin (atau bahkan tidak berolahraga sama sekali) selama bertahun-tahun, mulailah secara perlahan: cobalah berjalan kaki selama 15 menit per hari, 5 hari dalam 1 minggu, dan secara bertahap tingkatkan durasi nya menjadi 30 menit setiap hari.

Perhatikan Pola Makan
Makanlah makanan yang banyak mengandung serat. Perbanyak sumber protein dari kacang-kacangan, ikan, dan kurangi daging merah. Karena daging sarat akan kolesterol yang bisa menyumbat saluran arteri yang menjadi sebab terjadinya penyakit jantung koroner. Apabila Anda suka makan daging, pilihlah yang tidak mengandung lemak. Memilih makanan yang sehat saja dapat menurunkan resiko serangan jantung 24 persen.


Stop Rokok
Merokok bisa merugikan kesehatan diri kita, bahkan orang lain yang berada disekitar kita. Merokok menjadikan indicator kesehatan jantung anda menjadi lebih buruk: merokok menyebabkan inflamasi – tidak hanya pada paru paru anda namun inflamasi pada seluruh bagian tubuh anda – yang dapat mengakibatkan aterosklerosis, penggumpalan darah, dan risiko terkena serangan jantung. Jadi, berhenti merokok adalah salah satu kiat penting bagi anda untuk mengurangi risiko ini.

Hindari Berat Badan Berlebih
Berat badan berlebih atau Obesitas dapat memicu munculnya penyakit jantung. Bila anda mempunyai berat badan berlebih, turunkanlah berat badan anda. Menurunkan berat badan adalah salah satu cara untuk mengurangi resiko stroke atau serangan jantung.  Dengan menurunkan berat badan, terutama bagi yang mengalami obesitas, maka kolesterol jahat akan berkurang, dan dapat memperlancar peredaran darah.


Kontrol Gula Darah Anda
Jika anda juga memiliki diabetes, sangatlah penting bagi anda untuk mengendalikan gula darah anda. Gula darah yang tidak terkendali dapat meningkatkan risiko terkena penyakit arteri koroner, serangan jantung, dan stroke, sehingga salah satu bagian dari perawatan jantung anda adalah dengan mengontrol diabetes anda.

Jaga Kebersihan dan Kesehatan Gigi
Gigi yang bersih dan sehat bisa menurunkan resiko anda mengalami serangan jantung. Menyikat gigi secara teratur sangat baik bagi kesehatan jantung. Bakteri yang tersembunyi sangat berbahaya sebab ketika terjadi infeksi pada gusi, dapat berimbas pada organ jantung. Jadi, bersihkan gigi secara teratur.

Hidup Sabar
Sabar dalam menghadapi stres kehidupn sekarang sangat penting. Karena pemacu stres itu selalu ada di depan mata anda. Banyak kasus serangan jantung dipacu oleh sikap anda menghadapi stres ini. Sikap yang tidak sabar dan sering marah-marah dapat memicu terjadinya serangan jantung.

Perbanyak Senyum
Hiasilah selalu wajah anda dengan senyum. Selain ibadah, senyum itu obat dan senyum yang anda sebarkan kepada siapapun juga akan kembali kepada anda sendiri. Senyum membuat anda lega, senang dan emosi anda mudah dikontrol.

Bersyukur
Sering bersyukur akan membantu tubuh anda lebih tenang sehingga tidak ada lagi perasaan tak nyaman yang dapat memicu ketidaknormalan dalam tubuh seperti depresi dan stres. Saat depresi, jumlah hormon dalam tubuh akan meningkat dan mengancam kesehatan jantung.

Kenali Gejala yang Muncul
Dengan mengenali gejala serangan jantung , resiko kematian anda akibat serangan jantung juga menurun. Dengan mengenal gejala-gejala itu, tentu anda akan leibih cepat mencari pertolongan. Penyakit jantung tidak mengenal batas umur, bisa menyerang orang tua maupun anak muda.

Sakit jantung harus kita waspadai sejak dini dengan mengkonsumsi makanan sehat untuk jantung dan melakukan latihan untuk kesehatan jantung. Mulai biasakanlah pola hidup sehat anda dan ajari pula anak-anak anda untuk membiasakan pola hidup sehat.


Salam,
Semoga bermanfaat.
loading...

Post a Comment

Jangan lupa komentarnya dan juga kritik dan sarannya....!!

Followers

Find Us On Facebook

Total Pageviews