10 Manfaat Menakjubkan Semangka Untuk Kesehatan

10 Manfaat Menakjubkan Semangka Untuk Kesehatan. Buah semangka adalah salah satu buah tropis yang menyegarkan dan kaya kandungan air, sangat cocok dinikmati saat cuaca panas. Selain enak dinikmati, semangka menyimpan kandungan yang memiliki manfaat beragam. Buah ini mudah di dapatkan di pasar tradisional maupun di pasar yang lebih modern. Sebagian besar dari kita tentu menyukai mengkonsumsi buah berair tersebut. Namun, di samping penganti penghilang dahaga, banyak sekali manfaat buah semangka bagi kesehatan tubuh anda.


Warna merah pada semangka menandakan bahwa buah ini mengandung berbagai nutrisi, vitamin, mineral, kalium, betakaroten, vitamin C dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu, mulailah menyediakan semangka sebagai salah satu makanan penutup di setiap menu harian anda. Kandungan berbagai nutrisi dan vitamin yang melimpah pada semangka membantu menjaga dan mempertahankan kesehatan tubuh setiap orang. Pada artikel kali ini saya akan coba mengulas  berbagai manfaat semangka yang mungkin belum anda ketahui.

Berikut ini 10 manfaat menakjubkan semangka bagi kesehatan tubuh anda :

1. Membuat jantung Yang Lebih Sehat.
Buah semangka merupakan sumber likopen. Likopen yang terkandung dalam buah semangka berperan penting untuk menjaga kesehatan organ jantung yang anda miliki.

2. Anti Penuaan Dini
Nutrisi pada semangka, seperti likopen, vitamin A dan C, menagkal radikal bebas yang menyerang kulit. Paparan sinar matahari langsung pada kulit, menimbulkan garis-garis halus. Zat antioksidan pada semangka membantu timbunan radikal bebas pada tubuh. Konsumsilah buah semangka dengan teratur, untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini pada kulit indah anda.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh.
Semangka juga merupakan sumber vitamin C. Vitamin C memiliki fungsi membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Sehingga tubuh tidak akan mudah sakit di saat cuaca kurang baik atau sangat ekstrem.

4. Mengurangi Lemak Pada Tubuh.
Semangka merupakan jenis buah yang kaya akan kandungan citruline yang mana berperan mengurangi lemak berlebih yang berada di dalam tubuh anda.

5. Menjaga Kelembapan Kulit.
Jika jenis kulit anda kulit kering, semangka dapat dijadikan asupan buah terbaik, karena kadar air yang melimpah pada buah ini. Selain memberi kelembapan kulit, mengkonsumsi semangka juga menjaga agar tubuh terhindar dari dehidrasi.

6. Mencegah Sariawan.
Sariawan ditimbulkan dari bakteri yang berkembang biak dengan baik pada rongga mulut yang kering. Memakan semangka memberikan konsumsi air dan vitamin yang dapat mengurangi perkembang biakan bekteri di mulut. Bagi pencegahannya mengkonsumsi semangka dapat disandingkan dengan vitamin C seperti  yang terdapat pada buah jeruk, lemon dan jambu biji.

7. Perlindungan Dari Radikal Bebas.
Radikal bebas dari berbagai asap pabrik, asap kendaraan bermotor serta udara kotor yang terhirup dapat memicu masuknya radikal bebas yang bisa mengancam kesehatan tubuh anda. Semangka mengandung senyawa karotenoid yang dapat menetralisir radikal bebas yang masuk ketubuh seseorang.

8. Memelihara Kesehatan Ginjal.
Kalium yang terkandung dalam manfaat buah semangka ini, membersihkan zat-zat racun pada ginjal, sehingga membantu kerja ginjal. Buah semangka juga mengurangi kadar asam urat yang menekan resiko pembentukan batu ginjal.

9. Mengurangi Resiko Hipertensi dan Stroke.
Pada buah semangka terdapat karetenoid yang mencegah pengerasan dinding pembuluh arteri maupun vena yang dapat menyebabkan hipertensi . Kandungan kalium semangka juga berperan untuk menurunkan tekanan daran darah. Tentu saja manfaat ini dapat dirasakan jika mengkonsumsi semangka dengan rutin. Kalium juga menyehatkan jantung sehingga akan terhindar dari penyakit jantung.

10. Mengurangi Nyeri Otot.
Semangka telah terbukti mengurangi nyeri otot dan meningkatkan waktu pemulihan setelah latihan pada atlet. Para peneliti percaya ini mungkin lakukan untuk asam amino L-citrulline yang terkandung dalam semangka.



Salam,
Semoga bermanfaat.
loading...

Post a Comment

Jangan lupa komentarnya dan juga kritik dan sarannya....!!

Followers

Find Us On Facebook

Total Pageviews