Mengenal Manfaat Buah atau Sayur Pare

Mengenal manfaat buah pare.
Pare..!! Itulah sayuran yang mempunyai cita rasa khas yang pahit. Dibalik rasa yang pahit buah pare mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Mulai dari daging sayuran pare, bijinya, daun hingga akar pare dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagaimacam penyakit. Cita rasa pahit dari sayuran pare ini berasal dari konsentrasi tinggi kuinin yaitu zat aktif yang mampu mencegah dan mengobati malaria.


Terdapat lebih kurang 32 senyawa telah ditemukan didalam pare, termasuk beta-sitosterol-d-glucoside yang merupakan bahan anti-diabetes, sitrulin yaitu asam amino yang dapat meningkatkan produksi nitrit oksida, likopen yang merupakan senyawa antioksidan, lutein dan zeaxanthin yaitu karotenoid yang mampu melindungi kita dari penyakit mata akibat usia lanjut.

Dikebudayaan asia timur seperti Jepang, China dan Korea, pare sering dimanfaatkan sebagai obat gangguan pencernaan, pencahar dan perangsang muntah yang bahkan telah diekstrak dan di kemas dalam bentuk kapsul siap minum. Selain untuk perangsang nafsu makan yang efektif, pare juga bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit kuning (hepatitis) dan obat bagi penyakit malaria.

Pare mengandung kalsium dua kali lebih banyak dari bayam, potasium dua kali lebih banyak dari pisang, berakaroten dua kali lebih banyak dari brokoli yang dapat mencegah penyakit kanker, megurangi resiko terkena serangan jantung ataupun infeksi virus.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Saint Louis AS membuktikan bahwa manfaat pare dapat membunuh sel kanker seingga dapat dimanfaatkan sebagai obat antikanker. Ekstrak pare dimanfaatan sebagai penghambat dan penghenti pertumbuhan sel-sel kanker payudara.

Pare dapat mengurangi kadar gula dalam darah dengan cara mencegah usus menyerap gula yang dimakan sehingga pare sering dimanfaatkan sebagai perawat penderita diabetes. Pare dapat dinikmati dalam bentuk teh karena terbukti tidak memiliki efek samping terhadap sistem pencernaan.

Untuk menikmati pare mulailah dengan menkonsumsi pare yang sudah matang yang berwarna lebih terang karena kadar pahitnya lebih sedang daripada yang muda dan tanpa biji. Usahakan untuk tidak berusaha menghilangkankan pahitnya karena akan merusak tekstur dan citarasa pare ini.

Sumber inspirasi :http://www.makanansehat.web.id


Salam Sehat...!!
Semoga bermanfaat. 
   
loading...

2 komentar

Yang saya suka ketika beli somay itu parenya, ternyata banyak manfaat buat kesehatan.

Reply

Yang saya suka ketika beli somay itu parenya, ternyata banyak manfaat buat kesehatan.

Reply

Post a Comment

Jangan lupa komentarnya dan juga kritik dan sarannya....!!

Followers

Find Us On Facebook

Total Pageviews